Rejeki Pemberian Yang Baik Dan Bermanfaat.

Rejeki pemberian yang baik dan Bermanfaat, yup itulah arti nama yang orang tua sematkan pada saya, sungguh terharu ketika mengingat pertama kali bertanya apa arti dari nama yang di berikan orang tua saya waktu itu, Sungguh membuat tertegun sesaat apa lagi ketika mereka mengutarakan harapan yang ada di dalam nama yang kedua orang tua saya berikan.

Masih ingat jelas terasa dengan penuh semangat dan keyakinan, orangtua saya membeberkan maksud arti dan harapan dari nama yang diberikan kepada saya waktu itu. Hingga kini, masih melekat dalam angan pikiran dan hati yang berdebar jika mengingat kembali situasi yang terjadi kala itu.

rezeqi

Saat itu cuaca sedang mendung di hari minggu sore, saya dan mamak sedang duduk di teras sambil melihat lola-lalu kendaraan yang lewat di depan rumah, Mamak yang nyambil sibuk mengupas jeruk untuk di makan yang di beli nya tadi pagi sama mamang sayur, dan saya pun sibuk main HP BB yang lagi ngetren. Melihat cuaca sedang mendung, mamak menyuruhku untuk segera mengangkat jemuran yang ada di samping rumah.

“Le, bantu mamak angkat jemuran, hari mendung nak ujan, masukin kerumah, taruh di lantai aja nanti mamak yang lipat” perintah mama pada saya.

Berangkat dari kursi sandar yang enak buat leyeh-leyeh dan main HP waktu itu saya pun langsung bergerak membantu apa yang di perintakan mamak.

Ternyata benar, tak lama setelah itu gerimis pun turun. Gerimis yang awet dan cukup lama untuk di tunggu redanya. Mamak pun masuk dan melipat pakaian yang alhamdulillah sempat kering dan tidak telat saya angkat keburu gerimis tadi.

Beberapa saat kemudian, saya yang masih sibuk memeainkan HP di buat sumringah oleh mamak yang datang dari dalam membawakan 2 gelas teh hangat dan toples kue di nampannya.

“Mamak nih, tau aja gerimis gini di buatin teh angat” sambil membantu menurunkan di meja.

“iya lah, mamak gitu loh, tau lah kesukaan anak anak mamak” jawab mamak dengan bangga.

Duduk lah mamak di sebelah saya dan menemani saya dengan meyantap teh angat dan kue yang di sedikan, kami pun ngobrol ngalur-ngidul hingga saat momen bertanya ini pun di mulai.

Berawal dari sering nya teman-temen yang bertanaya tentang arti nama saya yang selalu mereka tanyakan kepada saya dan tak pernah berhasil saya jawab dengan jelas hanya sekilas dari jawaban browsing saja, akhirnya tiba saatnya bertanya kepada yang ahli sekaligus pemberi namaNya langsung.

“Mak, apa sih arti nama dari Anak-anak Mama? ” tanya saya dengan melempar senyuman dan penasaran. Dengan heran mamak memandangku sambil menjawab, “Tumben nanyain kayak gitu le?” Hmmm.. menatap fokus dan termenung terlihat seakan-akan mengingat-ingat dan mempersiapkan jawaban yang akan di ceritakan kala itu.

“Serius amat mak, Santai dong, emang berat ya njawabnya ? Ya ole tau sih sikit artinya nanya di mbah google tapi lebih baik tanya mamak yang pasti-pasti” ucap saya.

Bersambung….

Tinggalkan komentar