Sedang Sakit,ini Doa Kesembuhan untuk kita amalkan

Doa Kesembuhan ketika sedang sakit yang wajib di amalkan sesuai dengan ajaran nabi Muhammad SAW bagi seluruh kaum muslimin yang beriman dan selalu bertawakal mengharapkan kesembuhan hanya kepada allah SWT.

Siapa yang ingin sakit ? Pertanyaan aneh yang ada di dunia ini, namun bagaimana jika yang kia takutkan dan tidak kita ingin kan itu terjadi kepada kita.

Apa yang harus nya kita lakukan,mari kita telaah sama sama:

SEDANG-SAKIT

Ketika kita sedang sekit, sebenarnya dapat kita telaah secara positif bahwa itu semua ialah sebuah ujian dari Allah SWT yang di berikan kepada kita dan hendak nya kita memohon kesembuhan hanya kepadanya. Ujian tersebuat akan datang silih berganti termasuk ketika sedang sakit, bahkan hingga datang kematian.

Bagaimana cara kita menyikapi hal ini, hendak lah kita selalu sabar, ikhlas jangan berputus asa untuk memohon kesembuhan hanya kepada Allah SWT.

Adapun kita juga bisa berpikiran bahwa sesungguh nya cobaan dan ujian tersebut langkah yang harus kita jalani untuk menghapuskan dosa yang telah kita perbuat sebagimana dalam fieman Allah SWT

“Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” (Hud: 114)

Selain dari pada itu dengan datang nya sakit kita menjadi sadar bawa sesungguhnya kesehatan itu ialah nikmat dari Allah yang kita jarang menyadari nya.

dalam keadaan sakit itu barulah kita menyadari nikmat Allh yang paling indah ialah Kesehatan yang selalu di berikan untuk dapat menikmati kehidupan dunia yang singkat ini yang harusnya kita isi dengan berbuat amal dan mengharapkan rahmat dan pahala dari Allah SWT.

Sakit akan menjadikan sebuah Peringatan dari Allh SWT bahwa segala kuasa dan upaya datangnya hanya dari Allah SWT. Rossulullah SAW mengajarkan sebuah Doa Memohon Kesembuhan yang biasa beliau baca dan ajarkan kepada umatnya dalam sebuah hadits shahih.

Doa Kesembuhan

doa-sedang-sakit

Adab Ketika Sakit

Nabi besar kita Rosullullah SAW telah mengajarkan adab adab ketika sedang di detita sakit

1.Berbaik sangka kepada Allah SWT

Apapun yang kita rasakan, Marah,Benci,Lelah,Merasa tidak Adil dan perasaan perasaan yang bercampur aduk yang lain hendak lah kita selalu berighstigfar memon ampun kepada Allah SWT serta menghikangkan segala prasangka prasangka buruk terhadapnya.

Berburuk sangka kepada Allah merupakan sesuatu yang harus kita hindari, bagaimanapun caranya. Jangan sampai kita meninggal dalam keadaan masih berburuk sangka kepada-Nya.

2.Selalu Bersabar Dan ikhlas

Ujian sebesar apapun dan seberat apapun yang kita alami itu semua harus kita sikapi dengan bersabar dan selalu ikhlas walau pun sulit untuk menerima semuanya.

Karena sesungguhnya dengan adanya musibah, maka seorang hamba akan mendapatkan pengampunan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Seperti sabda Rasulallah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam,

“Sesungguhnya pahala besar itu, bersama dengan cobaan yang besar pula. Dan apabila Allah mencintai suatu kaum maka Allah akan menimpakan musibah kepada mereka. Barang siapa yang ridha maka Allah akan ridha kepadanya. Dan barang siapa yang murka, maka murka pula yang akan didapatkannya.” (HR. Tirmidzi, dihasankan al-Albani dalam as-Shahihah no. 46)

3.Berusaha Berobat Dengan Tidak Bertentangan Dengan Syariat Islam.

Dalam sebuah Hadits Rosullullah SAW Bersabda demikian:

“Sesungguhnya Allah menciptakan penyakit dan obatnya. Maka berobatlah kalian, dan jangan berobat dengan sesuatu yang haram.” (HR. Ad-Daulabi. Asy-Syaikh Al-Albani menyatakan sanad hadits ini hasan. Lihat Ash-Shahihah no. 1633)

Di antara bentuk pengobatan yang sunnah adalah:

  • Madu dan berbekam

Ibnu Abbas Rossulullah SAW bersabda:

“Obat itu ada pada tiga hal: minum madu, goresan bekam, dan kay1 dengan api, namun aku melarang kay.” (HR. Al-Bukhari)

Dalam riwayat lain: “Aku tidak senang berobat dengan kay.”

  • Al-Habbatus sauda` (jintan hitam)

Rasulullah SAW bersabda:

“Al-Habbatus Sauda` (jintan hitam) adalah obat untuk segala penyakit, kecuali kematian.” (HR. Ath-Thabarani. Dikatakan oleh Asy-Syaikh Al-Albani t bahwa sanadnya hasan, dan hadits ini punya banyak syawahid/pendukung)

  • Kurma ‘ajwah

“Pada kurma ‘ajwah ‘Aliyah yang dimakan pada awal pagi (sebelum makan yang lain) adalah obat bagi semua sihir atau racun.” (HR. Ahmad. Asy-Syaikh Al-Albani t menyatakan hadits ini sanadnya jayyid (bagus). Lihat Ash-Shahihah no. 2000)

  • Ruqyah

Yaitu membacakan surat atau ayat-ayat Al-Qur’an atau doa-doa yang tidak mengandung kesyirikan, kepada orang yang sakit.

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur`an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Al-Isra`: 82)

4.Berharap kematian

Dalam hal ini ketika sakit dalam keadaan parah dan tidak kunjung sembuh.

“Janganlah salah seorang kalian mengharapkan kematian karena musibah yang menimpanya. Apabila memang harus melakukannya, maka hendaknya dia berdoa: ‘Ya Allah, hidupkanlah aku bila kehidupan itu adalah kebaikan bagiku dan wafatkanlah aku bila kematian itu adalah kebaikan bagiku’.” (Muttafaqun ‘alaih)

Setelah semua nya telah di lakukan dengan usaha yang ikhtiar dan maksimal kala kita sedang di beri ujian berupa sakit keras yang tak kunjung sembuh, Tanpa putus semangat berharap untuk terus selalu dalam keadaan islam dan beriman kepad Allah SWT hingga ajaal datang.

Demikian Telaah Doa Kesembuahan, Terus ikuti Telaah – Telaah Terbaru di Web ini.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar