Doa Keluar Rumah

Sering keluar rumah? mari kita telaah doa keluar rumah yang sering di gunakan oleh Nabi yang patut kita tiru dan amalkan sunnah nya sesuai dengan yang telah di ajarkan.

Justru karna sering nya kita keluar dari rumah maka hendaklah kita selalu membiasakan melakukan beberapa hal ini yang di sarankan dia antaranya ialah membaca doa.

keluar-rumah

Apa sebenarnya yang di harapkan dari membaca doa pada saat kita akan keluar rumah dan apa kah yang didapat ketika kita membacanya.

Terkadang kita keluar dari rumah baik berjalan kaki maupun menggunakan kendaran umum ataupun kendaran pribadi yang kita miliki wajib memanjatkan doa agar selalu di indungi oleh Allah SWT.

Harus kita garis bawahi bahwa anjuran membaca doa di bawah ini adalah sangat penting maka dari itu harus kita telaah adab adab nya yang benar agar diterima oleh Allah SWT dengan sempurna.

Berikut telaah yang bisa kita bahas bersama di sini:

Doa Keluar Rumah

doa-keluar-rumah

Adab Keluar Rumah

Beberapa Adab yang di sunahan sebelum saat atau sedang kelua

Sholat Sunah 2 Rokaat Tatkala Keluar rumah

Menghindarkan diri dari rasa kecemasan , kesulitan dan bencana yang takutnya melanda di kala anda keluar rumah.

“Jika kamu keluar dari rumah kamu dan melakukan sholat dua rakaat, maka akan melindungi kamu dari keburukan dan masalah di luar. Jika kamu memasuki rumahmu, lakukalah sholat dua rakaat, maka kamu akan terlindungi dari keburukan dan masalah di dalam.” HR. Al-Bazzar dalam sunahnnya.

Membaca Doa Keluar Rumah

“Jika seseorang keluar dari rumahnya lalu membaca : BISMILLAHI TAWAKKALTU ALALLAHI, LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLA BILLAH (dengan menyebut nama Allah, aku berserah diri kepadaNya dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolonganNya), maka malaikat akan berkata kepadanya: Sungguh kamu telah diberi petunjuk oleh Allah, dicukupkan (dalam segala keperluanmu) dan dijaga (dari semua keburukan), sehingga setan-setan tidak bisa mendekatinya dan setan yang lain berkata kepada temannya: Bagaimana (mungkin) kamu bisa (mencelakakan) seorang yang telah diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga oleh Allah azza wa jalla?”
(HR. Abu Dawud, no.5095 dan At-Tirmidzi, no.3426, dinyatakan shahih oleh Imam At-Tirmidzi dan Syaikh Al-Albani)

Keluar dengan kaki kiri terlebih dahulu

“Didahulukan bagian kanan dalam perkara-perkara yang mulia maupun berhias
dan didahulukan bagian kiri dalam perkara selainnya.”
(Qawaid Fiqhiyyah, no.46)

Imam An-Nawawi rahimahullah menjelaskan;
“Sesungguhnya Allah azza wa jalla telah menciptakan para makhlukNya dan Dia telah memilih darinya sesuai kehendakNya. Diantara yang dipilihNya adalah sisi sebelah kanan yang ditakdirkan memiliki keutamaan dan kemuliaan yang lebih dibandingkan sisi sebelah kiri. Jika kita mencermati dalil-dalil syari, maka kita dapati bahwa suatu perkara atau perbuatan jika termasuk dalam hal yang mulia, yang indah dan ibadah, maka disyariatkan untuk dimulai dari yang sebelah kanan terlebih dahulu. Namun, jika suatu perkara bukan termasuk dalam kategori tersebut, yaitu berupa hal-hal yang kurang utama, seperti menghilangkan atau mencuci najis atau mengambil benda-benda yang kotor, maka yang lebih didahulukan adalah anggota badan yang sebelah kiri. Inilah makna dan kandungan kaidah tersebut secara umum.”
(Bahjah An-Nazhirin Syarh Riyadh Ash-Shalihin, 2:41)

Menggunakan pakaian yang pantas

Kewajinban muslim untuk menjaga aurat tatkala berada di dalam rumah apa lagi di luar rumah. memastikan aurat tertutup denagn baik dan benar.

Makna

Ada beberapa makna yang dapat kita ambil dalam hal ini saat kita melakukan kegiatan keluar rumah di awali dengan berdoa.

Berserah diri (tawakal)

Mengucapkan doa dan zikir kala kita sedang akan berpergian keluar dari rumah merupakan suatu sikap berserah diri kepada sang pencipta. Berlindung kepada Allh SWT dari semua godaan dan gangguan sayton yang akan selalu ingin mencelakakan kita para manuasi tak terhindar juga pada saat kita berada di luar rumah.

Mengharapkan Petunjuk

“Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, pasti Allah akan mencukupkan segala keperluannya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang dikehendakiNya.”
(Surat Ath-Thalaq: ayat 3)

mengharapkan petunjuk dan perlindungan dari allah agar selalu dalam naungan dan tak keluar dari segala apa pun yang di larangan dan perintahnya.

Kesimpulan

Selalu Berlindung Dan berserah diri lah kita di manapun kita berada salah satu cara dalam konteks ini adalah kedika kita akan keluar rumah hendaknya kita berdoa dan mengerjakan adab yang telah di sunnahkan oleh nabi besar Muhammad SAW.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar